Lombok

Obyek Wisata Gunung Rinjani Lombok Jadi Destinasi Favorit Wisatawan

Selain wisata pantainya yang terkenal, Lombok juga memiliki gunung yang sudah terkenal di dunia yaitu Gunung Rinjani. Obyek Wisata Gunung Rinjani di Lombok merupakan surganya para wisatawan lokal ataupun internasional yang sedang berkunjung di Indonesia. Selain wisata pantainya yang terkenal, Lombok juga memiliki gunung yang sudah terkenal di dunia. Obyek wisata Gunung Rinjani ini terletak di bagian utara pulau lombok yang merupakan obyek wisata gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian puncak gunung 3726 meter dpl. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, obyek wisata Gunung Rinjani merupakan tempat bersemayamnya Dewi Anjani, putri dari Raja Datu Tuan di sebuah Kerajaan kecil di Lombok.

Nah, pada bagian di atas adalah sekilah tentang Gunung Rinjani. Terlepas dari pesono cantiknya Dewi Anjani, obyek wisata Gunung Rinjani menyuguhkan pesona alam yang tidak kalah cantiknya. Di kawasan obyek wisata Gunung Rinjani kita akan menemui berbagai wisata geografi yang dapat kita pelajari sebagai pengetahuan. Panorama kaldera, danau, kawah baru, aliran larva baru, goa, air terjun dan mata air panas juga tersedia di sini. Sangat komplit untuk dijadikan komplek wisata bagi para traveler. Bahkan di area kawah gunung Rinjani ada gunung baru yang masih terbentuk akibat gerakan geografi di dalam gunung. Sebuah pemandangan yang tidak dapat anda temui di gunung manapun.

Pada bagian ini kita akan membicarakan medan pendakian obyek wisata Gunung Rinjani. Jika anda seoarang pendaki atau sekedar hobi mendaki, gunung dengan tracking yang cukup sulit, pilihan obyek wisata Gunung Rinjani dapat anda jadikan referensi wisata mendaki. Pada musim kemarau atau musim panas, obyek wisata Gunung Rinjani banyak dikunjungi berbagai kalangan wisatawan lokal ataupun luar negeri dan mahasiswa pecinta alam. Karena pada musim ini panoram puncak gunung Rinjani dapat bersahabat dan dapat dicapai sampai puncak tertinggi. Dengan cuaca yang cerah dan suhu udara 20-25 derajat Celcius.

Segara Anakan

Saat pendakian ke puncak gunung anda dapat berkemah dan sekedar beristirahat di Segara Anakan, sebuah obyek wisata Gunung Rinjani yang menyajikan pemandangan danau di atas gunung. Dinamakan Segara Anakan yang berarti anak dari lautan karena luasnya danau dan berbagai spesies ikan hidup di danau ini. Terkadang anda akan menjumpai pemancing yang susah payah mendaki gunung hanya untuk mencari sensasi memancing di obyek wisata Gunung Rinjani.

Pesona Flora dan Fauna

Selain Segara Anakan, obyek wisata Gunung Rinjani juga menyajikan pemandangan alam dan mahkluk hidupnya yang beraneka ragam. Spesies burung-burung Australia dapat anda jumpai sepanjang perjalanan menuju puncak gunung. Terdapat sedikitnya 109 spesies burung yang hidup di alam gunung Rinjani. Monyet perak yang terkenal di Bali juga dapat anda temui di lebatnya hutan Gunung Rinjani. Serta ada beberapa rusa dan monyet ekor panjang yang terkenal usil kepada pengunjung.

Flora dengan berbagai jenis juga akan menemani perjalanan anda. Berbagai jenis tumbuhan seperti Dysoxylum sp, pterospermum, dan Ficus superba dapat anda jumpai pada ketinggian 1000-2000 meter. Hamparan pohon cemara juga menjadi daya tarik pesona alam yang indah. Sedangkan pada ketinggian 3000 m ke atas jarang dijumpai tumbuhan karena tanah yang berpasir untuk menuju puncak gunung.

Nah itulah obyek wisata Gunung Rinjani yang masih menjadi magnet untuk para pengunjung maupun para pendaki gunung di dunia. Tetapi dengan keindahan yang disajikan gunung Rinjani yang mempesona, anda tetap harus berhati-hati karena gunung Rinjani termasuk ke dalam 6 gunung dengan jalur yang membahayakan. Sebaiknya rombongan anda ditemani pemandu gunung Rinjani yang dapat memandu dan memperkenalkan kekayaan obyek wisata Gunung Rinjani.

Selamat mendaki dan jangan lupa membawa kamera untuk memotret keindahan alam obyek wisata Gunung Rinjani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *